Selasa, 18 Oktober 2011

Belajar pemrograman Java



Java? Pertama saya berpikir bahwa java hanyalah sebuah aplikasi pembuat games karna saya selalu menumukan kata java sebagian besar ketika saya mengutak atik handphone teman-teman saya, teritama yang berjenis android, jadi saya penasaran dengan kata tentang java apa? Bagaimana? Dan untuk apa?. Ayooo kita sama-sama belajar. 

sekilas mengenai pemrograman Java.

Apa sih JAVA Sebenarnya?
Java adalah teknologi berstandar terbuka yang memungkinkan dikembangkannya aplikasi terbuka di atasnya. Mekanisme ini membuat Java disebut sebagai teknologi platform terbuka. Pengembangan Java menggunakan bahasa Java sebagai basis pengembangannya yang tidak bergantung pada sistem operasi yang digunakan.
Java sebagai bahasa memungkinkan para programmer:
- menulis sebuah aplikasi dan menjalankannya ditempat lain
- membuat aplikasi yang berjalan di browser
- mengembangkan aplikasi di sisi server seperti aplikasi perbankan, forum diskusi.
- menulis aplikasi untuk perangkat bergerak seperti ponsel atau PDA ataupun perangkat konsumer lainnya
Aplikasi Java yang dikembangkan berjalan didalam sebuah mekanisme yang melakukan interpertasi yang
disebut Java Virtual Machine (JVM). Aplikasi Java tidak berinteraksi langsung dengan sistem operasi, tetapi berinteraksi dengan JVM, dimana JVM yang berinteraksi dengan sistem operasi.
Java platform adalah sebuah fondasi berbasis “hanya” perangkat lunak yang berjalan diatas sistem operasi, dimana sistem operasi sangat terikat dengan perangkat keras. Alhasil, didapatkan bahwa setiap perangkat keras adalah bermacam-macam, Java platform diciptakan untuk mengatasi perbedaan ini.
Java sebagai teknologi platform telah berkembang menjadi berbagai macam solusi yaitu J2SE, J2EE, J2ME, dan JavaCard. Dimana semua solusi tersebut berjalan diatas JVM yang diciptakan berdasarkan lingkungan yang dijalankannya. Misalnya JVM Windows di Intel processor, JVM Linux di Itanium, atau JVM Sparc di Solaris. Bilamana dikembangkan sebuah aplikasi Desktop menggunakan spesifikasi J2SE, maka dengan bahasa Java, pengembangan dilakukan, dan menjalankannya memerlukan JVM.
Telah lebih dari dua dekade peperangan sistem operasi tidak pernah selesai, apalagi setelah adanya sistem operasi open source seperti Linux, FreeBSD dan OpenSolaris muncul, persaingan tidak akan berhenti, karena diyakini perusahaan bergerak seperti roda artinya kadang jadi market leader, tetapi berkemungkinan menjadi pecundang di waktu lalu. Penyebabnya adalah inovasi dan kreatifitas manusia yang tidak pernah berhenti, yang memungkinkan ini semua terjadi.
Java lahir dengan kemampuan multiplatform, artinya dapat berjalan disemua sistem operasi yang didukungnya, selain itu juga portable artinya aplikasi yang dikompilasi dengan SDK yang ada adalah kompatibel dan dapat dipakai oleh SDK lainnya, walaupun SDK tersebut tanpa perlu modifikasi, dan tentu saja semua
SDKnya harus sesuai dengan spesifikasi J2SE, J2EE atau J2ME.
Java diciptakan oleh tim Sun Microsystems, yang mana telah berevolusi menjadi sebuah teknologi yang secara legal dimiliki oleh IBM, Sun, Oracle dan Bea. Setelah terbentuknya Java Community Process, Java telah menjadi sebuah spesifikasi terbuka, yang mana implementasinya memungkinkan menjadi aplikasi propietary ataupun Open Source. Sehingga saat ini JVM yang menjadi jantung solusi Java adalah solusi propietary, tetapi dapat dilakukan implementasi menjadi solusi Open Source.
Sun Java SDK tersedia secara bebas tetapi tidak mengacu pada lisensi di bawah Open Source Initiative, karena menggunakan lisensi SSCL dan JRL. Artinya untuk kebutuhan riset, Java dapat didistribusikan dengan modifikasi, tetapi tidak dapat dilakukan untuk kebutuhan komersil. Artinya lisensinya ada batasan, seperti tidak dapat diinstall di negara yang diembargo oleh USA.
Aplikasi yang dikembangkan menggunakan Java, mayoritas adalah Open Source. Konsorisium Open Source seperti Eclipse, ObjectWeb, Open Symphony, dan Apache membuat Java menjadi fondasi solusi yang tidak ada matinya. Banyak solusi berbasis Java yang Open Source diantaranya SuperWaba, Javali dan Kaffe, yang sedang dalam penggodokan dan akan merubah peta Java adalah Apache Harmony. Java SDK yang Open Source adalah GCJ, yang memungkinkan merubah aplikasi Java menjadi aplikasi native

0 Comments:

Posting Komentar